Jual beli merupakan kegiatan yang tak mungkin terpisahkan
dalam kehidupan kita. Seiring berkembangnya teknologi, proses transaksi jual
beli pun mengalami perkembangan. Beberapa waktu yang lalu jika kita ingin
membeli barang maka harus mengunjungi pasar atau toko yang menjual barang
tersebut. Tetapi sekarang sudah jauh berbeda, kita bisa membeli sesuatu hanya
dengan duduk santai dirumah. Bermodalkan smartphone dan koneksi internet
memungkinkan kita untuk melakukan apapun yang kita mau, salah satunya belanja
online.
Pengguna internet di Indonesia mencapai angka 82 juta orang
dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Tentu saja hal ini akan
sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan layanan online
guna memasarkan dan mengenalkan produknya ke seluruh masyarakat. Tak heran jika
sampai saat ini makin bertambah jumlah pelapak online di seluruh Indonesia. Kemudahan
yang ditawarkan dalam bertransaksi online telah mengubah sudut pandang masyarakat
terhadap sistem jual beli yang sudah ada. Berikut adalah kelebihan yang
ditawarkan oleh E-Commerce:
1. Memberikan layanan tanpa ada batasan waktu
Kita bisa memesan barang apa saja tanpa dibatasi oleh
waktu. Yang artinya kapanpun kita mau kita bisa membeli barang tersebut. Tidak
terhalang lagi oleh istilah “toko tutup” karena yang berperan disini adalah
sistem teknologi informasi, dimana data pesanan dari si pembeli akan langsung
diterima oleh si penjual dengan sangat cepat.
2. Kecepatan dalam pengiriman
Banyak marketplace yang bekerjasama dengan agen
logistik guna mendistribusikan barang yang di order oleh pelanggan, dan
pelangganpun bisa memilih agen logistik mana yang ingin mereka pakai untuk
mengnatar barang pesanan mereka dengan berbagai harga yang ditawarkan oleh agen
logistik sebelumnya, tentunya semakin mahal maka semakin cepat juga barang akan
sampai dirumah anda.
3. Pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan
lainnya
Dengan banyaknya marketplace seperti lazada,
tokopedia, bukalapak, dll. Tentu saja akan terjadi persaingan harga guna
menarik banyak pelanggan. Biasanya marketplace tersebut akan memberikan harga
spesial bagi pengunjung situs mereka, yang biasanya berupa voucher diskon
sekian persen setiap pelanggan berbelanja minimal dari ketentuan harga diskon
tersebut.
4. Dapat melakukan review komentar terkait produk
Pelanggan dapat memberikan review produk yang sudah
mereka terima dari si penjual. Apakah merasa puas dengan pelayanan si penjual,
ataukah merasa kecewa terhadap kualitas barang dari si penjual. Hal ini akan
menjadi penilaian tersendiri bagi seller untuk meningkatkan pelayanan serta
kualitas barang yang mereka jual agar bisa meningkatkan citra perusahaan dan
juga menjadi recommended seller.
5. Dapat memberikan informasi lebih cepat
Di setiap barang yang dijual biasanya terdapat
spesifikasi produk, yaitu menggambarkan secara terperinci tentang suatu produk
guna memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon konsumen agar lebih mudah
mencari barang yang dibutuhkan. Semakin lengkap informasi yang dicantumkan,
semakin tertarik juga konsumen dalam membeli sebuah produk karena kejelasan
informasi barang yang dicantumkan oleh seller.
6. Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual
beli
Konsumen tinggal memesan via online barang yang
diperlukan, nanti akan langsung diproses oleh seller untuk dilakukan
pengiriman. Hal ini tentunya sangatlah efisien dari segi waktu. Dan konsumen
pun tidak perlu mengeluarkan tenaga dibandingkan harus berebelanja secara
offline yang mana mereka harus pergi menuju tempat si penjual berada.
7. Membantu pemerintah dalam pelayanan publik
Semakin banyaknya penjual maka semakin mudah juga
barang untuk didapatkan. Hal ini sangat membantu pemerintah dalam memberikan
pelayan kepada warganya akan kebutuhan mereka.
Terlepas dari kelebihannya, E-Commerce pun masih memiliki
kelemahan diantaranya:
1. Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sistem
E-Commerce
Pembuatan dan pembangunan sistem E-Commerce tidak lah
murah, pasalnya dibutuhkan tenaga ahli yang sangat spesifik untuk membuat
program komputer dan aplikasi, dan juga dibutuhkan server kapasitas besar
dimana biaya tersebut sangatlah mahal.
2. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang
terhadap situs E-Commerce
Maraknya penipuan yang kerap terjadi dalam transaksi
online menjadi momok tersendiri bagi penjual yang memang jujur dalam menjual
barangnya. Terlebih ada barang yang dikirim tidak sesuai pesanan yang diterima
oleh pembeli. Hal ini menjadi poin serius yang harus dibenahi dalam bisnis
E-Commerce.
3. Kurangnya perasaan dalam setiap jual beli
Memilih barang dengan sentuhan jari rasanya agak aneh
bagi beberapa orang yang terbiasa berbelanja secara langsung. Mereka yang
biasanya bisa memeriksa kondisi barang secara langsung, tapi melalui online
mereka hanya bisa bertanya kepada seller tentang kondisi barang yang akan
mereka beli. Hal seperti ini akan memberikan sedikit keraguan bagi si pembeli
terhadap kualitas barang yang akan dibelinya. Tapi untuk mencegah kejadian ini
biasanya ada review pembeli dimana para konsumen memberikan penilaian terhadap
seller tentang pelayanan dan kualitas produknya sehingga dapat menjadi
pertimbangan bagi para calon konsumen.
4. Masih belum murah dan amannya akses internet
pada negara tertentu
Di beberapa negara akses internet masih terbilang
mahal dan juga jaringan data di beberapa negara masih dianggap tidak aman.
Virus komputer bisa menginfeksi melalui jaringan internet yang tidak aman. Hal
ini bisa mengakibatkan data yang dimiliki oleh si pembeli atau penjual
dimanfaatkan oleh pihak yang tidak betanggung jawab.
Berikut ini beberapa situs E-Commerce (B2C) yang ada di
Indonesia :
1. Bukalapak
Situs yang didirikan oleh Achmad Zaky pada tahun 2010
ini merupakan salah satu situs marketplace terbesar yang ada di Indonesia. Di
situs ini berbagai produk bisa anda temukan. Mulai dari Handphone, Tablet,
Aksesoris Gadget, Komputer, Laptop, Fashion, Peralatan Elektronik, Perlengkapan
Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi, Sepeda, Buku dan Alat Musik. Untuk sistem
pembayaran, Bukalapak menyediakan beberapa metode pembayaran. Diantaranya, bisa
melalui BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks, Rekening Ponsel
CIMB Niaga, Kartu berlogo VISA/MasterCard, Indomaret, Mandiri E-Cash, atau
Transfer bank baik via ATM maupun internet banking. Sistem transaksinya, ketika
pembeli melakukan pembayaran pesanan, maka uang yang dikirim tidak langsung
masuk ke rekening si penjual, tetapi akan masuk ke rekening pihak ketiga, yaitu
bukalapak sendiri. Dan jika si pembeli belum menerima barang sampai tanggal
yang ditetapkan maka uang pun akan dikirimkan kembali ke rekening si pembeli.
Hal ini menciptakan suasana transaksi yang aman dan terpercaya baik oleh pihak
pembeli maupun penjual.
2. LAZADA Indonesia
Merupakan pusat belanja online yang menawarkan
beberapa macam produk seperti elektronik, buku, mainan anak, perlengkapan bayi,
alat kesehatan dan produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan
kecantikan, dan alat olah raga. LAZADA merupakan anak cabang dari perusahaan
jaringan internet Jerman Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan
inkubator daring yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif
di berbagai belahan dunia. Di LAZADA terdapat berbagai macam metode pembayaran yang
bisa anda pilih untuk memudahkan anda dalam melakukan pembayaran. Mulai dari
COD (Cash On Delivery) yang artinya anda bisa membayar barangnya dirumah tanpa
melakukan transfer terlebih dahulu. Berikutnya Kartu Kredit. LAZADA menerima
semua kartu kredit dengan logo VISA atau MasterCard. Dan tidak dianjurkan
ketika anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit tetapi kartu kredit
tersebut bukan atas nama anda. Hal ini untuk menghindari terjadinya
penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selanjutnya
ada bank transfer. Bisa menggunakan bank BCA, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, dan
juga bank lainnya. Selain itu terdapat juga fasilitas cicilan tentunya dengan
Syarat & Ketentuan yang berlaku dari pihak LAZADA sendiri.
3. Tokopedia
Termasuk salah satu marketplace dan mall online yang
terbesar di Indonesia. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan
brand, untuk membuka dan mengelola toko online. Dan bisa anda gunakan secara
GRATIS. Tokopedia memiliki program mendukung para pelaku usaha mikro kecil
menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan
produk secara online. Jenis produk yang dijual di tokopedia meliputi fashion
& aksesoris, peralatan kecantikan & kesehatan, Peralatan rumah tangga,
perlengkapan bayi, Handphone & tablet, komputer/laptop & aksesoris,
peralatan elektronik, alat otomotif, alat olahraga, souvenir & kado, mainan
& hobi, buku, software, game, film, dan musik. Untuk metode pembayaran
tokopedia menawarkan berbagai macam metode pembayaran, antara lain saldo
tokopedia, Transfer bank serta pembayaran instan seperti Mandiri ClickPay,
Mandiri E-Cash dan BCA KlikPay. Dan sejak pertengahan tahun 2015 tokopedia juga
menawarkan sistem pembayaran baru yaitu via indomaret. Jadi anda tidak perlu
khawatir jika tidak mempunyai rekening bank, anda tetap dapat melakukan
transaksi di tokopedia.
Itulah beberapa profile singkat dari macam-macam marketplace
terbesar yang ada di Indonesia. Masing-masing dari tempat belanja online
tersebut tentunya punya keunikan tersendiri guna menarik konsumen untuk
berbelanja di tempat mereka. Biasanya akan ada voucher diskon khusus di
hari-hari spesial seperti hari imlek yang baru-baru ini dirayakan. Dan juga
penawaran menarik lainnya yang mampu memikat konsumen. Semakin banyaknya metode
pembayaran juga akan mempermudah konsumen dalam membeli barang karena mereka
disuguhkan oleh berbagai metode atau cara yang dapat mempermudah mereka dalam
melakukan pembayaran. Seiring berkembangnya teknologi tentu saja akan ada pembaruan
sistem dalam penjualan produk-produk dan mungkin metode pembayaran pun akan
semakin bertambah. Dan jika anda berniat menjual produk anda di marketplace
tersebut harap dipahami syarat & ketentuan yang berlaku di dalam
marketplace tersebut agar memudahkan anda dalam menjual produk dan tidak
menyalahi aturan yang diberlakukan olehh marketplace tersebut. Tetap perhatikan
kualitas barang yang anda jual jangan sampai konsumen merasa tidak puas ketika
membeli di toko anda karena itu akan berpengaruh terhadap reputasi anda di
dalam marketplace tersebut. Karena para konsumen dapat menilai toko kita apakah
layak untuk berbelanja disitu atau tidak. Dan sebagai konsumen hendaknya cek
terlebih dahulu informasi barang yang akan anda beli. Jangan langsung anda beli
jika tidak mengetahui informasi barang secara detail karena akan merugikan
anda. Bisa jadi barang tidak sesuai dengan apa yang anda lihat di situs online
tersebut karena berbagai hal. Biasakan untuk bertanya dahulu kepada penjual
jika ada informasi yang kurang anda mengerti dari barang tersebut. Jadilah
konsumen yang smart dan yang terpenting belilah barang sesuai kebutuhan anda.
Referensi :
http://www.nurulfikri.ac.id/index.php/artikel/item/667-kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce (diakses pada 8 Maret 2016)
http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/ (diakses pada 8 Maret 2016)
http://tekno.liputan6.com/read/2322305/5-situs-e-commerce-terbaik-di-indonesia?p=1
(diakses pada 14 Maret 2016)
https://www.bukalapak.com/ (Diakses pada 14 Maret 2016)
https://www.tokopedia.com/ (Diakses pada 14 Maret 2016)
http://www.lazada.co.id/ (Diakses pada 14 Maret 2016)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar