Kamis, 02 Juni 2016

RESENSI BUKU MENULIS KREATIF



Nama : Andhika Maulana
NPM  : 10213845
Kelas  : 3EA07
Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2


Judul                           : Menulis Kreatif
Pengarang                   : Fajar Junaedi
Penerbit                      : PRENADAMEDIA GROUP
Tempat terbit              : Jakarta
Tahun Terbit               : 2015
Cetakan Pertama        : Oktober 2015
Ukuran                       : 13,5 x 20,5 cm
Jumlah Halaman        : xiii, 144
ISBN                          : 978-602-0895-18-5

Harga                         : Rp. 39.000,00


Menulis merupakan sebuah kegiatan mengekspresikan diri lewat media fisik maupun digital. Bisa dengan menulis di buku atau pun menulis di gadget yang kita bawa. Tetapi nyatanya menulis merupakan kegiatan yang tidak mudah. Kerap kali kita bingung akan menulis apa. Bingung menentukan topik atau tema merupakan hal yang sangat sering dijumpai oleh seseorang yang baru akan mulai menulis.

Hal ini tentunya membuat jengkel orang tersebut. Apalagi jika tugas atau tulisan yang harus dibuat sudah mepet dengan jadwal deadline. Belum lagi pemilihan kata yang tepat agar tulisan enak untuk dibaca juga harus diperhatikan. Dan juga pengembangan dari sebuah kalimat menjadi sebuah paragraf.

Fajar Junaedi, penulis buku ini. Beliau merupakan kelahiran Madiun, 20 Mei 1979. Bekerja sebagai dosen di Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Beliau pernah menulis beberapa artikel diantaranya Membuat Film Dokumenter (2008). Menyulap Kekalahan: Operasi Militer AS dalam Film Hollywood dan Layar TV (2011). Manajemen Media Massa (2014).

Selain itu pernah juga menjadi kontributor dan editor untuk berbagai buku, diantaranya Komunikasi Bencana (2011), Komunikasi dan Audiens (2014), Superhero dalam Imaji Ilmu Komunikasi (2014). Saat ini tercatat sebagai pengurus pusat Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi dan inisiator Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Di dalam buku ini kita akan diajarkan tentang pentingnya menulis, manfaat yang kita dapat dari menulis. Yang berfokus pada membuat tulisan ilmiah. Cara menggali ide dalam menulis. Menumbuhkan mood untuk menulis. Seperti mencari suasana yang nyaman ketika menulis dan juga menentukan tema yang sesuai dengan minat kita.

Kelebihan dari buku ini adalah kita diajarkan cara menulis secara terstruktur dan jelas. Mulai dari pemilihan kata, pengembangan kalimat dan juga menyusun sebuah paragraf. Semuanya diajarkan secara detil. Bagaimana cara untuk menulis tulisan ilmiah yang baik dan benar. Seperti bagaimana menentukan jenis kalimat, apakah menggunakan kalimat tunggal, majemuk, dan lainnya.

Disini juga kita diajarkan bagaimana menggunakan bahasa indonesia yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). EYD merupakan hal yang sangat penting ketika seseorang sedang menulis. Karena salah menulis sebuah huruf bisa menjadikan arti kata yang ditulis menjadi berbeda. Sehingga pesan yang ingin disampaikan si penulis menjadi terhambat. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih dan memperhatikan penggunaan EYD dengan cermat.

Jadi jika anda ingin menambah ilmu tentang penulisan, saya rasa buku ini akan cocok untuk anda. Karena bahasa yang disampaikan di dalamnya mudah untuk dimengerti, dan juga pemilihan kata yang pas sehingga enak untuk dibaca.

RESENSI BUKU MENEMUKAN INDONESIA



Nama : Andhika Maulana
NPM  : 10213845
Kelas  : 3EA07
Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2


Judul                           : Menemukan Indonesia
Pengarang                   : Pandji Pragiwaksono
Penerbit                       : PT Bentang Pustaka
Tempat terbit               : Yogyakarta
Tahun Terbit               : 2016
Cetakan Pertama         : Maret 2016
Ukuran                        : 20,5 cm
Jumlah Halaman         : xvi + 284
ISBN                           : 978-602-291-143-2
Harga                          : Rp. 69.000,00


Siapa yang tidak ingin jalan-jalan keliling dunia? Diantara kalian yang membaca tulisan ini pastinya ingin untuk bisa berkeliling dunia menikmati keindahan berbagai kota yang sangat menawan dan memiliki kultur budaya yang berbeda dengan negara kita Indonesia. Di dalam buku ini penulis mengajak kita untuk lebih mengenal seperti apa suasana di berbagai negara yang ada di penjuru dunia, apakah mirip dengan di Indonesia apakah jauh berbeda dengan kehidupan masyarakat kita.

Pandji Pragiwaksono, penulis buku ini yang mungkin kita kenal sebagai seorang yang berkarir di dunia entertainment indonesia. Berkarir sebagai artis, stand up comedian, dan juga penulis buku tak membuat beliau kehilangan kreatifitas untuk berkarya menghasilkan karya yang luar biasa. Sebelum menulis buku ini, Pandji telah menulis buku-buku yang cukup bagus diantaranya Indiepreneur, Berani Mengubah, Merdeka Dalam Bercanda, dan Nasional.Is.Me.

Selama kurun waktu 1 tahun (antara bulan April 2014 sampai April 2015) beliau melakukan stand up comedy world tour yang bertajuk Mesakke Bangsaku World Tour (MBWT). Tak hanya sekedar world tour karena beliau mendokumentasikan kegiatannya selama berkeliling dunia dengan membuat sebuah buku yang dapat membuat orang penasaran seperti apa suasana atau gaya hidup di berbagai belahan dunia.

Dengan membaca buku ini kita mempunyai gambaran umum terhadap sisi menarik yang ada di beberapa kota ternama di dunia seperti kebudayaan masyarakat setempat, sistem transportasi yang digunakan, tempat liburan, penginapan, tempat berbelanja dan juga tempat untuk mencari kuliner khas kota tersebut. Semuanya diulas secara apik di dalam buku ini.

Bahasa yang digunakan dalam penulisan buku ini terlihat sangat ringan dan mudah dipahami. Anda tidak perlu untuk berpikir terlalu keras untuk memahami isi buku ini. Tidak ada kata yang terlihat asing di mata kita. Semuanya tersusun rapi dan sangat informatif.

Penggambaran setiap kota dijelaskan secara detil. Semua kelebihan dan kekurangan yang yang ada di kota tersebut tak luput diceritakan oleh penulis. Mulai dari sistem transportasinya. Tempat liburan yang wajib dikunjungi. Dan tempat-tempat menarik lainnya yang tentunya wajib dikunjungi oleh para turis.  


Setelah membaca buku ini anda bisa membandingkan tentang indonesia. Sebenarnya indonesia ini seperti apasih? Apakah diluar sana kehidupannya lebih baik dari indonesia atau malah negara kita ini merupakan tempat yang sangat nyaman dibandingkan negara lain. Buku ini akan membawa anda untuk menemukan jawaban tersebut.


Kamis, 28 April 2016

Pilkada DKI

Nama             : Andhika Maulana
NPM              : 10213845
Kelas              : 3EA07
Mata Kuliah   : Bahasa Indonesia 2 (Softskill)

           Sebentar lagi jakarta akan memilih pemimpin barunya, tepatnya tahun 2017. Diharapkan bagi calon yang terpilih agar bisa membenahi persoalan yang sudah sangat sering terjadi di ibu kota indonesia ini. Sebut saja banjir, persoalan yang satu ini kerap datang menghampiri ibu kota dikala cuaca sedang tidak bersahabat. Jika hujan deras lebih dari satu jam biasanya di beberapa kawasan jakarta akan tergenang banjir yang sangat mengganggu aktifitas warga. Akibatnya banyak kendaraan mogok karena kemasukan air dan juga jalanan menjadi rusak karena terlalu lama terendam air.
            Persoalan lainnya adalah kawasan kumuh yang membuat jakarta tidak nyaman untuk dihuni. Banyak rumah-rumah liar berdiri di pinggiran sungai yang akhirnya mempersempit daerah aliran sungai yang akhirnya menyebabkan banjir. Para warga seperti ini harusnya bisa ditertibkan dan dipindahkan ke tempat yang lebih layak. Tentunya agar kawasan yang dijadikan pemukiman liar oleh warga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintah agar dijadikan kawasan yang bisa memberi banyak manfaat untuk ibu kota.
            Di jakarta, jumlah kawasan hijaunya sangat sedikit dibandingkan gedung-gedung yang dibangun. Sementara jumlah mal di jakarta merupakan yang terbanyak di dunia. Jumlahnya kurang lebih ada sekitar 50 mal. Hal ini tentunya sangat berlebihan untuk sebuah kota. Mungkin 20 merupakan angka yang maksimal untuk sebuah tempat perbelanjaan dalam satu kota. Karena selebihnya lahan bisa digunakan untuk ruang publik yang lain yang lebih bermanfaat.
            Gubernur DKI saat ini, Basuki Tjahja Purnama atau yang lebih dikenal orang sebagai Ahok, tengah berusaha membenahi ibukota dengan berbagai cara. Diantaranya penggusuran tempat-tempat yang dianggap ilegal tetapi masih ditempati oleh warga. Sebagai gantinya mereka diberi tempat tinggal berupa rumah susun dengan biaya sewa sekitar 100 sampai 200 ribu per bulan. Tetapi ada beberapa oknum yang menyalahgunakan fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah. Tampak ada beberapa warganya malah menyewakan rumah susun tersebut kepada orang lain dan mereka malah kembali tinggal di kawasan kumuh tersebut. Diberi fasilitas tetapi malah disalahgunakan, tentunya hal ini sangat menyalahi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.
            Di pilkada nanti, ada beberapa nama yang akan menjadi lawan ahok. Sebut saja Yusril, Hj. Lulung, dan juga Ahmad Dhani. Meskipun beberapa diantaranya yang saya sebutkan namanya belum secara resmi akan mencalonkan diri sebagai gubernur DKI. Yang paling menyita perhatian adalah musisi tanah air Ahmad Dhani akan mencalonkan diri sebagai gubernur. Mungkin kita semua tahu beliau adalah musisi berbakat tanah air yang kemampuannya tidak usah diragukan lagi di belantika musik indonesia, tapi dalam berpolitik tentunya menjadi hal yang berbeda.
            Kerap para artis yang mencalonkan diri jadi wakil rakyat hanya mengandalkan popularitas semata tanpa adanya ilmu yang memadai dibidang yang akan mereka geluti nanti. Hal ini banyak menimbulkan pra kontra di masyarakat. Dimana kita semua tahu masyarakat menginginkan seorang pemimpin daerah yang benar-benar mengerti dengan kondisi dan situasi mereka. Yang memang pro rakyat. Namun beberapa kepala daerah belakangan ini lebih mementingkan kekuasaan dan cenderung mengabaikan keinginan rakyatnya. Terbukti banyak kepala daerah yang terkena kasus hukum seperti tindak pidana korupsi.
            Alangkah baiknya jika para pemimpin di setiap wilayah di negeri ini bersikap profesional dan tidak mementingkan ego mereka semata. Mempunyai pemimpin yang jujur dan bersih merupakan PR bangsa ini. Saat ini masih sangat sedikit kepala daerah yang mempunyai sifat tersebut, sebut saja walikota Bandung, Ridwan Kamil. Beliau merupakan kepala daerah yang cukup terpandang di indonesia. Prestasinya menjadikan wilayah bandung lebih berkembang dibandingkan sebelumnya patut diapresiasi. Di Jakarta pun menurut saya kepala daerahnya sudah sangat baik kinerjanya. Akan tetapi mungkin sifatnya yang agak arogan dianggap oleh sebagian masyarakat merupakan hal yang sangat buruk. Bapak ahok sering kali berkata agak kasar ketika mengomentari suatu hal. Sering kali dianggap marah-marah. Tapi mungkin saja sifat bawaan beliau memang seperti itu, jadi warga jakarta pun harus terbiasa dengan sifatnya yang seperti itu. Yang terpenting adalah kinerja beliau untuk warga jakarta.
            Beberapa waktu yang lalu ahok sempat terseret oleh beberapa kasus kriminal. Berikut saya kutipkan beritanya.

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyaknya kasus kriminalitas yang saat ini dikaitkan dengan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diyakini oleh "Teman Ahok " tidak akan memengaruhi elektabilitas masyarakat pada Pilkada DKI 2017 mendatang.
Juru Bicara Teman Ahok, Singgih Widiyastomo, menilai kasus seperti pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras, proyek reklamasi, penertiban lahan seperti di Pasar Ikan, hingga rencana penertiban Kampung Luar Batang tak akan mengubah kepercayaan masyarakat kepada Ahok.
"Ini isu yang berkembang di masyarakat. Masyarakat sudah cukup cerdas untuk memilah hal tersebut," ujar Singgih kepadaKompas.com, Rabu (27/4/2016).
Kepercayaan diri Singgih berdasarkan pada hasil survei yang dilakukan Populi Center pada April 2016 yang menyebut elektabilitas Ahok meningkat, meski saat ini polemik pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras dan dugaan suap reklamasi pantai utara Jakarta sedang mengemuka.
Kenaikan tersebut yakni dari 49,5 persen pada Februari 2016 menjadi 50,8 persen pada April 2016. (Baca: "Teman Ahok" Berencana Siapkan Materi Klarifikasi Isu)
"Hasil survei Populi menunjukkan bahwa elektabilitas Ahok masih lebih tinggi dibanding yang lain. Artinya, masyarakat memberikan kepercayaan kepada Ahok. Tapi kembali lagi, kami serahkan semuanya kepada masyarakat biar mereka yang menilai," ujar Singgih.
Dari hasil survei tersebut, Yusril Ihza Mahendra menempati tempat kedua dengan persentase kenaikan dari 3 persen menjadi 5 persen. Selanjutnya, ada pengusaha Sandiaga Uno serta mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault. Keduanya mendapat persentase elektabilitas sebesar 1,5 persen.
Elektabilitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau Emil justru menurun drastis. Turunnya elektabilitas Emil diduga dipicu pernyataannya yang tidak akan mencalonkan diri dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Sementara sebanyak 32,8 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.
Sebanyak 7,8 persen responden lainnya menjawab bakal calon gubernur lainnya, seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.
Survei itu dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 15-21 April 2016. Ratusan responden ini dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling, dengan margin of error lebih kurang 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


JAKARTA, KOMPAS.com — Peneliti Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bhakti, menyebut bahwa saat ini warga Ibu Kota sudah cerdas untuk dapat memilih pemimpinnya.
Hal itu terlihat dari hasil survei Populi Center yang dilakukan pada 15-21 April 2016.
Berdasarkan hasil survei itu, elektabilitas Ahok tetap unggul dibanding bakal calon gubernur lainnya meskipun dia sedang diterpa kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras dan dugaan suap reklamasi Pantai Utara Jakarta.
"Orang sekarang enggak bodoh lagi, mereka makin cerdas menilai mana yang benar, mana yang salah. Semakin dikuyo-kuyo(dizalimi), rakyat akan makin menyatu mendukung Ahok," kata Ikrar dalam rilis yang diterima wartawan, Selasa (25/4/2016).
Berdasarkan survei yang dirilis Populi Center pada 25 April 2016, sebanyak 73,7 persen masyarakat puas dengan kinerja Ahok.
Kemudian, 81,5 persen masyarakat puas dengan kepemimpinan Ahok dan 73,3 persen masyarakat puas dengan kinerja Pemprov DKI Jakarta.
Sementara itu, elektabilitas Ahok naik dari 49,5 persen pada bulan Februari menjadi 50,8 persen pada bulan April. Bahkan, menurut dia, bakal calon gubernur lain sulit menyaingi elektabilitas dan popularitas Ahok.
"Mau pencitraan gaya apa pun tidak mungkin bisa mengalahkan Ahok, kecuali ada bom duit jatuh di Jakarta," kata Ikrar.
"Karya monumental mereka apa? Yang pengusaha, karyawannya sudah diberi upah secara baik tidak? Lebih gede daripada UMR enggak?"
"Kalau ada perusahaannya yang ditutup, mantan karyawannya diberi pesangon gede dan tepat waktu enggak? Yang (mantan) menteri, ada warisan yang monumental enggak?" kata Ikrar menyindir para pengusaha dan mantan menteri yang berniat maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.
Survei Populi Center melibatkan 400 responden di enam wilayah DKI Jakarta dan dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 15-21 April 2016. Ratusan responden ini dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



            Dapat kita lihat dari berita diatas beberapa masalah yang menimpa ahok tak membuat beberapa pendukungnya berpindah kelain hati. Mereka masih saja percaya bahwa ahok merupakan orang yang jujur dan mengedepankan kepentingan warganya. Hal ini dibuktikan dengan tingkat elektabilitas ahok naik sebanyak 49,5 persen dari bulan februari menjadi 50,8 persen pada bulan april.
            Beberapa calon walikota jakarta yang berikutnya diharapkan bisa membawa jakarta lebih baik lagi dari sebelumnya. Tidak hanya mementingkan kekuasaan dan kepentingan partai politiknya sendiri. Agar mereka bisa membawa amanah yang dititpkan oleh warga kepada mereka bisa terwujud dan tidak tersangkut kasus hukum yang dapat mencemari nama baik. Karena jika pernah sekali terkena kasus hukum biasanya nama baiknya akan sulit untuk dibersihkan. Yang mengakibatkan turunnya kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan orang tersebut.
            Dan juga diharapkan bagi bapak walikota jakarta berikutnya agar mendesain ulang tatanan kotanya sebab jalanan-jalanan di ibukota terlampau buruk. Banyak jalanan rusak dan juga pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan menyebabkan kemacetan yang sangat parah. Mereka harus diberikan tempat yang layak untuk berjualan sehingga tidak mengambil badan jalan yang menyebabkan kemacetan. Dan juga perluas lagi wilayah aliran sungai agar setiap hujan lebat setidaknya meminimalisasi peluang terjadinya banjir. Dan juga berlakukan sosialisasi arti pentingnya membuang sampah pada tempatnya agar sungai disekitar tidak tercemar dan menjadi sarang penyakit yang cukup berbahaya.
            Dan juga bangun fasilitas umum yang bisa digunakan oleh orang banyak seperti taman bermain dan ruang terbuka hijau lainnya agar terlihat indah dan asri sehingga udara disekitar ibu kota tidak lagi terlalu banyak tercemar oleh polusi yang bisa menyebabkan penyakit bagi warganya.  

Rabu, 16 Maret 2016

Kelebihan, Kekurangan, dan Beberapa situs E-Commerce di Indonesia

        Jual beli merupakan kegiatan yang tak mungkin terpisahkan dalam kehidupan kita. Seiring berkembangnya teknologi, proses transaksi jual beli pun mengalami perkembangan. Beberapa waktu yang lalu jika kita ingin membeli barang maka harus mengunjungi pasar atau toko yang menjual barang tersebut. Tetapi sekarang sudah jauh berbeda, kita bisa membeli sesuatu hanya dengan duduk santai dirumah. Bermodalkan smartphone dan koneksi internet memungkinkan kita untuk melakukan apapun yang kita mau, salah satunya belanja online.

        Pengguna internet di Indonesia mencapai angka 82 juta orang dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan layanan online guna memasarkan dan mengenalkan produknya ke seluruh masyarakat. Tak heran jika sampai saat ini makin bertambah jumlah pelapak online di seluruh Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan dalam bertransaksi online telah mengubah sudut pandang masyarakat terhadap sistem jual beli yang sudah ada. Berikut adalah kelebihan yang ditawarkan oleh E-Commerce:

1. Memberikan layanan tanpa ada batasan waktu

Kita bisa memesan barang apa saja tanpa dibatasi oleh waktu. Yang artinya kapanpun kita mau kita bisa membeli barang tersebut. Tidak terhalang lagi oleh istilah “toko tutup” karena yang berperan disini adalah sistem teknologi informasi, dimana data pesanan dari si pembeli akan langsung diterima oleh si penjual dengan sangat cepat.


2.  Kecepatan dalam pengiriman

Banyak marketplace yang bekerjasama dengan agen logistik guna mendistribusikan barang yang di order oleh pelanggan, dan pelangganpun bisa memilih agen logistik mana yang ingin mereka pakai untuk mengnatar barang pesanan mereka dengan berbagai harga yang ditawarkan oleh agen logistik sebelumnya, tentunya semakin mahal maka semakin cepat juga barang akan sampai dirumah anda.

3. Pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya

Dengan banyaknya marketplace seperti lazada, tokopedia, bukalapak, dll. Tentu saja akan terjadi persaingan harga guna menarik banyak pelanggan. Biasanya marketplace tersebut akan memberikan harga spesial bagi pengunjung situs mereka, yang biasanya berupa voucher diskon sekian persen setiap pelanggan berbelanja minimal dari ketentuan harga diskon tersebut.

4.  Dapat melakukan review komentar terkait produk

Pelanggan dapat memberikan review produk yang sudah mereka terima dari si penjual. Apakah merasa puas dengan pelayanan si penjual, ataukah merasa kecewa terhadap kualitas barang dari si penjual. Hal ini akan menjadi penilaian tersendiri bagi seller untuk meningkatkan pelayanan serta kualitas barang yang mereka jual agar bisa meningkatkan citra perusahaan dan juga menjadi recommended seller.

5. Dapat memberikan informasi lebih cepat

Di setiap barang yang dijual biasanya terdapat spesifikasi produk, yaitu menggambarkan secara terperinci tentang suatu produk guna memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon konsumen agar lebih mudah mencari barang yang dibutuhkan. Semakin lengkap informasi yang dicantumkan, semakin tertarik juga konsumen dalam membeli sebuah produk karena kejelasan informasi barang yang dicantumkan oleh seller.

6. Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli

Konsumen tinggal memesan via online barang yang diperlukan, nanti akan langsung diproses oleh seller untuk dilakukan pengiriman. Hal ini tentunya sangatlah efisien dari segi waktu. Dan konsumen pun tidak perlu mengeluarkan tenaga dibandingkan harus berebelanja secara offline yang mana mereka harus pergi menuju tempat si penjual berada.

7. Membantu pemerintah dalam pelayanan publik

Semakin banyaknya penjual maka semakin mudah juga barang untuk didapatkan. Hal ini sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayan kepada warganya akan kebutuhan mereka.


Terlepas dari kelebihannya, E-Commerce pun masih memiliki kelemahan diantaranya:


1. Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sistem E-Commerce

Pembuatan dan pembangunan sistem E-Commerce tidak lah murah, pasalnya dibutuhkan tenaga ahli yang sangat spesifik untuk membuat program komputer dan aplikasi, dan juga dibutuhkan server kapasitas besar dimana biaya tersebut sangatlah mahal.

2. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce

Maraknya penipuan yang kerap terjadi dalam transaksi online menjadi momok tersendiri bagi penjual yang memang jujur dalam menjual barangnya. Terlebih ada barang yang dikirim tidak sesuai pesanan yang diterima oleh pembeli. Hal ini menjadi poin serius yang harus dibenahi dalam bisnis E-Commerce.

3. Kurangnya perasaan dalam setiap jual beli

Memilih barang dengan sentuhan jari rasanya agak aneh bagi beberapa orang yang terbiasa berbelanja secara langsung. Mereka yang biasanya bisa memeriksa kondisi barang secara langsung, tapi melalui online mereka hanya bisa bertanya kepada seller tentang kondisi barang yang akan mereka beli. Hal seperti ini akan memberikan sedikit keraguan bagi si pembeli terhadap kualitas barang yang akan dibelinya. Tapi untuk mencegah kejadian ini biasanya ada review pembeli dimana para konsumen memberikan penilaian terhadap seller tentang pelayanan dan kualitas produknya sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para calon konsumen.

4. Masih belum murah dan amannya akses internet pada negara tertentu

Di beberapa negara akses internet masih terbilang mahal dan juga jaringan data di beberapa negara masih dianggap tidak aman. Virus komputer bisa menginfeksi melalui jaringan internet yang tidak aman. Hal ini bisa mengakibatkan data yang dimiliki oleh si pembeli atau penjual dimanfaatkan oleh pihak yang tidak betanggung jawab.


Berikut ini beberapa situs E-Commerce (B2C) yang ada di Indonesia :

1. Bukalapak

Situs yang didirikan oleh Achmad Zaky pada tahun 2010 ini merupakan salah satu situs marketplace terbesar yang ada di Indonesia. Di situs ini berbagai produk bisa anda temukan. Mulai dari Handphone, Tablet, Aksesoris Gadget, Komputer, Laptop, Fashion, Peralatan Elektronik, Perlengkapan Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi, Sepeda, Buku dan Alat Musik. Untuk sistem pembayaran, Bukalapak menyediakan beberapa metode pembayaran. Diantaranya, bisa melalui BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks, Rekening Ponsel CIMB Niaga, Kartu berlogo VISA/MasterCard, Indomaret, Mandiri E-Cash, atau Transfer bank baik via ATM maupun internet banking. Sistem transaksinya, ketika pembeli melakukan pembayaran pesanan, maka uang yang dikirim tidak langsung masuk ke rekening si penjual, tetapi akan masuk ke rekening pihak ketiga, yaitu bukalapak sendiri. Dan jika si pembeli belum menerima barang sampai tanggal yang ditetapkan maka uang pun akan dikirimkan kembali ke rekening si pembeli. Hal ini menciptakan suasana transaksi yang aman dan terpercaya baik oleh pihak pembeli maupun penjual. 

2. LAZADA Indonesia

Merupakan pusat belanja online yang menawarkan beberapa macam produk seperti elektronik, buku, mainan anak, perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan kecantikan, dan alat olah raga. LAZADA merupakan anak cabang dari perusahaan jaringan internet Jerman Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator daring yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Di LAZADA terdapat berbagai macam metode pembayaran yang bisa anda pilih untuk memudahkan anda dalam melakukan pembayaran. Mulai dari COD (Cash On Delivery) yang artinya anda bisa membayar barangnya dirumah tanpa melakukan transfer terlebih dahulu. Berikutnya Kartu Kredit. LAZADA menerima semua kartu kredit dengan logo VISA atau MasterCard. Dan tidak dianjurkan ketika anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit tetapi kartu kredit tersebut bukan atas nama anda. Hal ini untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selanjutnya ada bank transfer. Bisa menggunakan bank BCA, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, dan juga bank lainnya. Selain itu terdapat juga fasilitas cicilan tentunya dengan Syarat & Ketentuan yang berlaku dari pihak LAZADA sendiri.

3. Tokopedia

Termasuk salah satu marketplace dan mall online yang terbesar di Indonesia. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand, untuk membuka dan mengelola toko online. Dan bisa anda gunakan secara GRATIS. Tokopedia memiliki program mendukung para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. Jenis produk yang dijual di tokopedia meliputi fashion & aksesoris, peralatan kecantikan & kesehatan, Peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, Handphone & tablet, komputer/laptop & aksesoris, peralatan elektronik, alat otomotif, alat olahraga, souvenir & kado, mainan & hobi, buku, software, game, film, dan musik. Untuk metode pembayaran tokopedia menawarkan berbagai macam metode pembayaran, antara lain saldo tokopedia, Transfer bank serta pembayaran instan seperti Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash dan BCA KlikPay. Dan sejak pertengahan tahun 2015 tokopedia juga menawarkan sistem pembayaran baru yaitu via indomaret. Jadi anda tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai rekening bank, anda tetap dapat melakukan transaksi di tokopedia.


Itulah beberapa profile singkat dari macam-macam marketplace terbesar yang ada di Indonesia. Masing-masing dari tempat belanja online tersebut tentunya punya keunikan tersendiri guna menarik konsumen untuk berbelanja di tempat mereka. Biasanya akan ada voucher diskon khusus di hari-hari spesial seperti hari imlek yang baru-baru ini dirayakan. Dan juga penawaran menarik lainnya yang mampu memikat konsumen. Semakin banyaknya metode pembayaran juga akan mempermudah konsumen dalam membeli barang karena mereka disuguhkan oleh berbagai metode atau cara yang dapat mempermudah mereka dalam melakukan pembayaran. Seiring berkembangnya teknologi tentu saja akan ada pembaruan sistem dalam penjualan produk-produk dan mungkin metode pembayaran pun akan semakin bertambah. Dan jika anda berniat menjual produk anda di marketplace tersebut harap dipahami syarat & ketentuan yang berlaku di dalam marketplace tersebut agar memudahkan anda dalam menjual produk dan tidak menyalahi aturan yang diberlakukan olehh marketplace tersebut. Tetap perhatikan kualitas barang yang anda jual jangan sampai konsumen merasa tidak puas ketika membeli di toko anda karena itu akan berpengaruh terhadap reputasi anda di dalam marketplace tersebut. Karena para konsumen dapat menilai toko kita apakah layak untuk berbelanja disitu atau tidak. Dan sebagai konsumen hendaknya cek terlebih dahulu informasi barang yang akan anda beli. Jangan langsung anda beli jika tidak mengetahui informasi barang secara detail karena akan merugikan anda. Bisa jadi barang tidak sesuai dengan apa yang anda lihat di situs online tersebut karena berbagai hal. Biasakan untuk bertanya dahulu kepada penjual jika ada informasi yang kurang anda mengerti dari barang tersebut. Jadilah konsumen yang smart dan yang terpenting belilah barang sesuai kebutuhan anda.


Referensi :

http://www.nurulfikri.ac.id/index.php/artikel/item/667-kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce (diakses pada 8 Maret 2016)

http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/ (diakses pada 8 Maret 2016)

http://tekno.liputan6.com/read/2322305/5-situs-e-commerce-terbaik-di-indonesia?p=1 
(diakses pada 14 Maret 2016)

https://www.bukalapak.com/ (Diakses pada 14 Maret 2016)

https://www.tokopedia.com/ (Diakses pada 14 Maret 2016)

http://www.lazada.co.id/ (Diakses pada 14 Maret 2016)